RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( ELEKTROLISIS )

Mata Pelajaran       : Kimia

Satuan Pendidikan : SMA

Kelas / semester    : XII / 1

Pendekatan            : Inkuiri

Metode                  : Eksperimen

A.Standar Kompetensi :

2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari- hari.

B. Kompetensi Dasar :

2.2 Mengamati reaksi redoks dalam sel elektrolisis dan menerapkan hukum Faraday.

C. Indikator :

• Merancang dan melakukan percobaan elektrolisis.

• Menjelaskan peristiwa yang terjadi di katode dan anode sel elektrolisis.

• Menuliskan reaksi yang terjadi pada katode dan anode (inert dan bukan inert) suatu larutan dan  lelehan / leburan dalam peristiwa elektrolisis.

D. Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat mengamati reaksi yang terjadi di katode dan anode pada percobaan  elektrolisis serta mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis.

E. Materi Pokok :

Elektrolisis

Uraian Materi Pokok :

Elektrolisis merupakan reaksi redoks yang tidak spontan. Katode merupakan  kutub negatif, dan terjadi peristiwa reduksi. Sedangkan anode merupakan kutub positif, dan terjadi peristiwa oksidasi.

1. Untuk elektroda inert :

– Reaksi yang terjadi di katode:

o Larutan yang mengandung ion logam-logam alkali, alkali tanah, Al3+,  yang mengalami reduksi adalah air.  2H2O (l) + 2 e . 2 OH-(aq) + H2 (g)

o Larutan yang mengandung ion logam transisi seperti: Cu2+, Zn2+, Pb2+  dll akan mengalami reduksi.

Contoh: Cu2+ (aq) . Cu (s)

–  Reaksi yang terjadi di anode:

o Larutan yang mengandung ion sisa asam yang mengandung O  seperti: SO42-, NO3- dll , yang mengalami oksidasi adalah air.  2H2O (l) . 4 H+ + O2 (g) + 4 e

o Larutan yang mengandung ion sisa asam halida Cl-, Br-, I-mengalami  oksidasi.

Contoh: 2Cl-(aq) . Cl2 (g) + 2e

2. Elektroda bukan Inert

Untuk elektroda bukan inert, reaksi yang terjadi sesuai dengan besar  potensial ( E0 )nya.

F. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan ( 10 menit)

a. Prasyarat pengetahuan:

Siswa dapat membedakan larutan elektrolit dan non-elektrolit serta  menjelaskan ionisasi larutan.

b. Guru memberikan motivasi kepada siswa tentang penyepuhan.  Contoh: Bagaimana cara melapisi cincin besi dengan perak, sehingga didapatkan cincin yang indah ?

2. Kegiatan Inti ( 60 menit )

a. Eksplorasi

• Guru memberikan Lembar Kerja Siswa.

Sekelompok siswa (sekitar 4 orang) merencanakan/merancang percobaan dengan topik ”Elektrolisis” sesuai tahapan sebagai berikut :

o Merumusan masalah

o Identifikasi variabel (variabel kontrol, variabel manipulasi/ bebas, variabel respon/terikat).

o Merumuskan hipotesis

o Mempersiapkan Eksperimen: menentukan alat, bahan, dan urutan kerja.

o Melaksanakan Eksperimen

o Menganalisis data

o Menyusun kesimpulan

b. Elaborasi

• Setelah selesai merancang percobaan, sekelompok siswa diminta mempresentasikan hasil rancangannya sehingga siswa lain dan guru dapat memberikan masukan.

• Siswa melakukan percobaan berdasarkan hasil rancangannya masingmasing, kemudian menganalisisnya.

c. Konfirmasi

• Guru memfasilitasi kepada kelompok siswa untuk mempresentasikan hasil eksperimen dan kesimpulannya dan memberikan umpan balik kepada kelompokm lainnya

3. Penutup (20 menit)

• Guru memberikan kuis.

• Siswa diminta menyusun laporan dan diserahkan ke guru pada pertemuan berikutnya atau melalui email.

G. Penilaian

Dilakukan penilaian individual pada aspek kognitif / PPK, afektif/ Sikap, dan psikomotor/Ketrampilan.

1. Penilaian kognitif  :  Nilai didapat dari hasil ulangan.

2. Penilaian Afektif  : Nilai didapat dari pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

H. Referensi

BSNP.Kurikulum Standar Isi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta: BSNP, 2006 Direktorat Profesi Pendidik,Dirjen PMPTK, Depdiknas. Pedoman Pengembangan Model-Model Pembelajaran. Jakarta:Direktorat Profesi Pendidik, 2006.

I. Alat-alat, Bahan dan Sumber Belajar

1. Alat dan Bahan Belajar

• Alat dan bahan seperti: gelas kimia, kabel, baterai, elektroda karbon, logam-logam ( paku, Cu ), larutan garam dapur, lar KI, Lar Cu SO4, amilum, pp.

• LCD, Komputer ( berinternet jika mungkin )

• kertas grafik.

2. Sumber Belajar

• Buku Kimia

• Situs elektrolisis . Contoh: http://www.e-dukasi.nethttp://www.chem-is-try.org

J. Analisis Hasil Belajar dan Program Tindak Lanjut

1. Program remidial Siswa yang belum tuntas diwajibkan mengikuti remedial.

2. Tindak lanjut. Sebagai pengembangan diri, siswa dapat memahami bahwa percobaan elektrolisis tidak terbatas hanya di laboratorium, tapi juga dilakukan diindustri yang disebut dengan elektroplating.

K. Lampiran

Lembar Kerja Siswa, Kuis

Mengetahui                                                  Pontianak, 17 Juli 2012

Kepala SMA 5 Pontianak,                               Guru Kimia ,

Drs. MASUDI                                                  HATOPIK, S.Pd

NIP. 19620730  198903 1 005                            NIP. 19690716 199301 1002

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s